Catatan Terbaru Perjalanan Singapura

Pagi tadi, jam 3 dini hari, masih ngantuk dan lemes karena pulang malam, alarm bunyi dan gue kudu bangun! mak…apa nggak bisa waktunya di tahan beberapa jam?

Tapi…dengan memaksa, badan ini gue suruh bangun dan segera ke kamar mandi untuk cuci muka. Semalem gue sengaja udah mandi supaya ga perlu mandi pagi lagi. Lagipula, udara Jakarta dingin bo! Tergopoh gopoh, gue dan kakak gue mengeluarkan tas travelling bag (sial! sampe detik terakhir ga berhasil nemuin backpack pinjeman!!!! eh tapi emang dasar ga ada waktu juga sih), duduk setengah merem di ruang makan dan sarapan seadanya (ga jelas..gue makan apa tadi yah). Lalu bokap manasin Katana dan segeralah kita meluncur ke bandara Soekarno Hatta, pagi-pagi buta nan dingin.

Sungguh derita! Dingin, masih belom puas tidur, kebelit pipis pula. Sampe Terminal 1 A langsung loncat keluar, Check In pesawat Air Asia jurusan Batam, dan nyerbu toilet. Cuurrr!!!

Pukul 06.10 boarding, kita naik pesawat, dan sekitar pukul 06.40 an kita lepas landas. Take off rada tertunda beberapa menit gara2 ada satu penumpang yang salah masuk pesawat, tapi nggak ngaku-ngaku! PARRAAAH!

Pukul 08.15 kita mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Seperti kata tips2 di blog2 perjalanan yang pernah gue browsing, begitu sampai kita langsung dapat melihat counter penjualan tiket Ferry Penguin jurusan Singapura dan Johor Bahru. Disitu tertera: Singapura PP = SGD 18. Maksudnya tiket pulang pergi Batam-Singapura seharga delapan belas dolar Singapura. Setelah beli, langsung naik taksi yang udah banyak nunggu di luar ke pelabuhan Batam Center.

Pagi-pagi di Batam, kita udah rusuh kayak orang Marathon. Abis terbang lalu mendarat, abis mendarat langsung nyebrang laut. Soalnya kita ngejar check in hotel di Singapura. Sampai di Batam Center yang kaya mall Arion (!), kita check in Ferry dan membayar seaport tax seharga SGD 7. Ferry kita berangkat pukul 10 pagi waktu Batam. Sebelum naik ferry sempet ngupi dulu di Ohlala Cafe dekat pintu masuk boarding.

Di Batam Center, paket hemat Oh lala Cafe untuk satu pastry dan secangkir kopi atau teh cuma Rp.16.000! Beda banget ama di Jakarta, untuk secangkir kopi aja bisa belasan ribu mendekat harga tadi!

Cruisin’ to Singapore
Ferry berangkat berlayar (ga ada layar nya, sih!) pukul 10 waktu Batam, atau 11 pagi waktu Singapura. Ferry yang nyaman, kursi reclining, kapasitas sekitar 50 orang, dan AC. oh ya, ada karaoke nya pula (euleuh!)….to be continues